Wow, Pasangan Ini Baru Kembali Setelah 16 Tahun Berlayar

Clive dan Jane Green baru kembali setelah berlayar selama 16 tahun. Pasangan suami istri ini pada awalnya ingin berlibur ke Spanyol, akan tetapi mereka malah kembali 16 tahun kemudian setelah menjelajahi 56 negara. Clive dan Jane sangat menikmati perjalanan pertama mereka dan mereka memutuskan untuk terus berlayar (mengarungi 51.000 mil). Pada awalnya mereka ingin berlayar untuk menguji kapal mereka yang diberi nama Jane G, dan telah mereka renovasi 10 bulan lamanya.

Jane dan Clive baru kembali setelah 16 tahun berlayar
Jane dan Clive baru kembali setelah 16 tahun berlayar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kapal mereka berfungsi dengan baik, Clive yang telah mengambil pensiun dini dan Jane yang telah mengundurkan diri dari pekerjaanya sebagai teknisi mikrobiologi, memutuskan untuk mulai berlayar. Mereka berumur 40-an pasa saat pertama kali berlayar, mereka harus hidup hemat karena bujet keuangan yang minim. Pada saat itu mereka harus menukarkan perlengkapan mereka untuk persediaan makanan. Sekarang Jane telah berusia 60 tahun, Jane mengemukakakn bahwa barter yang paling berkesan selama berlayar adalah menukarkan bra Mark & Spencer miliknya untuk sekantong buah segar dan sayuran di pulau Fiji.

“Penduduknya tidak bisa berbahasa Inggris, jadi sedikit sulit untuk mengetahui barang apa saja yang bisa ditukar. Tetapi salah satu diantara mereka langsung membuka baju mereka dan menunjukkan dadanya dan aku langsung tahu ia menginginkan sebuah bra.” Ujar Jane.

Rute perjalanan Jane dan Clive
Rute perjalanan Jane dan Clive

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Clive mengatakan “Jane dan aku telah membuat aturan, jika salah satu diantara kami terjatuh dari kapal maka salah sati diantara kami harus meninggalkan kabin dan duduk di dek kapal. Tapi selama 16 tahun itu tidak pernah terjadi.” “Kami harus berhemat, jadi jika kapal ada masalah kami harus membetulkannya sendiri. Jane sama terampilnya denganku, tidak ada yang tidak bisa ia kerjakan diatas kapal.”