Yuk Intip Makanan Khas Bumi Parahyangan, Pecinta Kuliner Wajib Coba!

Indonesia memiliki ragam kuliner yang beragam dan juga menarik. Setiap daerah memliki ciri khas kuliner yang berbeda. Selain itu, cita rasa yang dimiliki dari setiap masakan juga berbeda dari satu masakan dengan masakan yang lainnya. Nah dari banyaknya kuliner masakan khas di Indonesia, salah satu kuliner yang menjadi pilihan oleh masyarakat Indonesia adalah makanan khas Bumi Parahyangan alias masakan Sunda.

Masakan Sunda adalah salah satu masakan yang bercita rasa gurih serta kaya akan rempah. Ciri karakteristik dari masakan khas Sunda ini adalah gurih asin, asam segar, dan juga pedas. Selain itu, tidak ketinggalan terdapat sambal terasi dan juga lalapan dari sayuran segar yang selalu menemani setiap masakan khas daerah Jawa Barat ini.

Dengan memiliki cita rasa yang lezat, lantas apa sajakah masakan khas Bumi Parahyangan yang disukai oleh masayarakat umum? Berikut adalah beberapa makanan khas yang menjadi pilihan tersebut.

 

Nasi Timbel

Makanan khas Bumi Parahyangan yang sering dikenal oleh masyarakat umum adalah nasi timbel. Nasi ini adalah makanan yang dibuat dari beras bagolo atau yang dikenal juga sebagai beras merah campuran yang dimasak dengan daun pisang. Nasi timbel biasanya dulu sering disantap oleh para petani ketika sedang beristirahat.

Biasanya, nasi timbel disantap dengan aneka lauk lho. Lauk-lauk seperti ikan asin, pepes ikan, ayam goreng ataupun empal adalah lauk yang biasanya menemani para penikmatnya dalam sepiring nasi timbel. Selain itu, lalapan dan juga sambel menjadi pelengkap agar hidangan ini menjadi lebih nikmat.

 

Mie Kocok

Siapa yang tidak ingin melewatkan santapan berbahan dasar mie? Ya! Dalam hidangan khas Jawa Barat, kamu bisa menemukan mie kocok sebagai hidangan yang bisa membuat perutmu menjadi kenyang! Mie kock sendiri merupakan hidangan khas kota Bandung yang disajikan dengan kuah kaldu sapi yang kental. Selain itu, terdapat beberapa bahan masakan seperti daun bawang, abwang goreng, seledri, taoge dan juga jeruk nipis yang bisa menambah cita rasa yang nikmat dari hidangan mie ini.

Umumnya, sepiring mie kocok akan diisi dengan irisan kikil sebagai bahan pelengkapnya. Namun di sekarang ini, variannya pun mulai beragam mengikuti selera dari para penikmatnya. Isian seperti bakso, ceker ayam, ataupun babat sapi adalah isian lainnya yang bisa ditemui dalam mie kocok tersebut. Hidangan khas Bumi Parahyangan ini tentu menjadi hidangan lezat dikala suasana dingin.

 

Karedok

Bagi kamu penikmat sayuran, kamu wajib mencoba hidangan ini. Nama dari hidangan ini adalah karedok. Dalam 1 porsi karedok, dibuat dari berbagai macam sayuran mentah seperti taoge, kol, mentimun, daung kemanig, ubi, terong, dan juga kacang panjang. Nantinya, ragam sayuran tersebut akan dipadukan menjadi satu dengan bumbu kacang, cabai, bawang putih, terasi, serta gula jawa. Sudah terbayangkan dengan bagaimana kenikmatan dari hidangan sehat yang satu ini?

 

Sate Maranggi

Kamu penikmat sate? Kalau begitu, kamu tidak boleh melewatkan sate yang satu ini. Sate maranggi asalah salah satu hidangan sate khas Jawa Barat yang dikenal secara luas oleh masayrakat umum. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate maranggi disajikan tanpa saus pendamping. Hal itu dikarenakkan dalam pembuatannya sendiri, sate maranggi direndam terlebih dahulu dengan aneka bumbu seperti kecap manis, jahe, ketumbar, lengkuas dan juga kunyit.

 

Seblak

Di masyarakat umum, mendengar nama seblak bukanlah hal asing lagi. Hidangan yang memiliki cita rasa pedas khas Bumi Parahyangan ini sudah menjadi hidangan favorit bagi para pecinta kuliner. Makakan ini pun memiliki 2 varian yaitu seblak kering dan juga seblak basah yang dapat dipilih oleh para penikmatnya. Di dalam sepiring seblak, terdapat beberapa isian di dalamnya yang bisa menambah dari rasa pedas nan gurih pada hidangan ini.

Makaroni, sosis, ceker, bakso, telur, dan masih banyak lagi bisa menjadi pilihan yang dapat dipilih oleh masayrakat ketika menikmati hidangan khas Jawa Barat ini.

 

Gurame Cobek

Untuk penikmat olahan laut, masakan ini tentu tidak akan terlewatkan. Hidangan ini adalah gurame cobek. Berbahan dasar ikan gurame yang sudah digoreng, masakan ini kemudian dipadukan dengan aneka bumbu diatasnya. Bumbu-bumbu seperti cabai merah, kencur, jahe, bawang merah, bawang putih, terasi, gula merah, dan juga tomat dipadukan menjadi satu yang membuat hidangan ini menjadi lebih gurih dan lezat.

Hidangan ini dikenal dengan gurame cobek karena karena proses menghaluskan bumbunya masih menggunakan cara tradisional yaitu diulek dengan menggunakan cobek. Cara penyajian ikan gurame ini dihidangkan di atas sebuah cobek tanah liat plus dengan bumbu cobeknya.

Itulah tadi beberapa hidangan khas Bumi Parahyangan yang dapat dinikmati oleh para pecinta kuliner. Selain memiliki rasa yang lezat dan juga khas, hidangan dari daerah Jawa Barat ini pun juga tidak kalah menyehatkan bagi tubuh kita lho! Tunggu apalagi? Sudah menentukan hidangan mana yang ingin kamu santap?

Christopher Setiadi

Content Production & SEO

"Coffee. Motorcycle. Writing"

No Comments Yet

Comments are closed